IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDIT JABAL NUR GAMPING

Indarti, Devi (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDIT JABAL NUR GAMPING. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Devi Indarti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di SDIT Jabal Nur Gamping. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di SDIT Jabal Nur meliputi budaya artifak, berupa benda fisik dan bangunan dengan nilai ajaran akidah seperti nama ruang dalam bahasa Arab, slogan, lorong sekolah berdesain ka’bah, artifak dengan nilai ajaran ibadah seperti mushola, aula, tempat wudlu, kotak infak, serta artifak bernilai ajaran akhlak seperti rak sepatu, rak alat makan, dan tempat sampah. Semua bangunan dan benda fisik tersebut untuk digunakan penguatan lingkungan yang mendukung pendidikan karakter religius. Budaya perilaku ikrar syahadat, beribadah dan budaya perilaku yang bernilai ajaran akhlak yang ada di SDIT Jabal Nur diimplementasikan dengan pembiasaan, keteladanan dan hukuman. Budaya terakhir yaitu budaya ide yang berupa visi dan misi sekolah religius, pemikiran religius siswa serta guru yang dituangkan dalam sebuah karya seperti sajadah dan slogan. Budaya ide dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam implementasinya ada faktor pendukung seperti kapasitas bangunan mencukupi dan semua warga sekolah berperan dalam budaya sekolah. Adapun faktor penghambatnya meliputi kurang maksimalnya penggunaan artifak, kesadaran beberapa siswa masih kurang dan kemampuan antar siswa berbeda. Kata kunci: Pendidikan Karakter Religius, BudayaSekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jul 2018 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 16:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57629

Actions (login required)

View Item View Item