Penilaian Prestasi Kerja Guru Sekolah Laboratorium Universitas PGRI Yogyakarta

Prihono, Eko Wahyunanto (2018) Penilaian Prestasi Kerja Guru Sekolah Laboratorium Universitas PGRI Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eko-wahyunanto-prihono-15701251025.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penilaian prestasi kerja guru sekolah laboratorium Universitas PGRI Yogyakarta, 2) mendeskripsikan hasil penilaian prestasi kerja guru sekolah laboratorium Universitas PGRI Yogyakarta ditinjau dari 4 (empat) kompetensi guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru kelas tinggi yang terdiri dari 52 Sekolah Dasar baik negeri maupun swasta di Kabupaten Bantul. Sampel guru ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik ini dilakukan melalui pengelompokan Sekolah Dasar tiap kecamatan di Kabupaten Bantul. Sampel berjumlah 144 guru, 48 kepala sekolah, dan 288 teman sejawat guru. Validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas isi menggunakan formula Aiken’s V dan validitas konstruk menggunakan analisis faktor, sedangkan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan construct reliability (CR). Pengumpulan data menggunakan tes berupa pilihan ganda dengan skala politomus dan non tes berupa angket dengan skala summative rating. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan memperoleh harga mean dan simpangan baku dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) instrumen penelitian dinyatakan valid dengan nilai koefisien sebesar 0,75 (validitas sangat tinggi) dan reliabel dengan nilai estimasi sebesar 0,90 (reliabilitas sangat tinggi), dan 2) pencapaian rerata nilai prestasi kerja guru secara umum sebesar 73,81 dari rentang skor 0-100 dan pencapaian rerata nilai prestasi kerja guru ditinjau dari: (a) kompetensi pedagogik sebesar 74,83 (kategori tinggi), (b) kompetensi kepribadian sebesar 75,63 (kategori tinggi), (c) kompetensi sosial 72.96 (kategori tinggi), dan (d) kompetensi profesional sebesar 71,00 (kategori tinggi).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian, prestasi kerja guru, kompetensi guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jul 2018 02:31
Last Modified: 09 May 2019 08:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57617

Actions (login required)

View Item View Item