KLASIFIKASI OPINI PENGGUNA LAYANAN INDOSAT DI JEJARING SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Dzul 'arofah, Afrida and Abadi, Agus Maman (2018) KLASIFIKASI OPINI PENGGUNA LAYANAN INDOSAT DI JEJARING SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Berbagai perusahaan penyedia jasa layanan komunikasi di Indonesia telah berkembang, salah satunya adalah PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat). Indosat terus meningkatkan kualitas layanan untuk tetap dapat bersaing dengan penyedia layanan seluler yang lain. Opini pengguna terhadap layanan Indosat dapat dilihat melalui jejaring sosial Twitter dalam bentuk tweet, baik opini positif maupun opini negatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui respon pengguna terhadap kualitas layanan Indosat dengan mengklasifikasi opini positif dan negatif pengguna layanan Indosat di jejaring sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan data opini yang berasal dari crawling data Twitter dengan Indosat sebagai kata kunci. Setelah crawling data dilakukan penyaringan sehingga menyisakan sebanyak 524 dari 1000 data tweet. Salah satu algoritma yang digunakan untuk klasifikasi opini yaitu Naïve Bayes. Naïve Bayes Classifier merupakan metode Machine Learning sederhana yang berbasis probabilistik. Metode ini mengklasifikasikan suatu opini berdasarkan nilai maksimum dari posterior probabilities yang diperoleh melalui peluang setiap kelas (prior probabilities) dan peluang setiap kata yang muncul (conditional probabilities) pada data latih. Hasil penelitian menunjukkan tahapan pengklasifikasian data teks yaitu pelabelan tweet, praproses, pembagian data, pemodelan dan pengujian hasil klasifikasi. Hasil klasifikasi terbaik yaitu menggunakan 70% data latih dan 30% data uji dengan tingkat akurasi sebesar 85,98%, presisi pada kelas positif sebesar 78,57% dan kelas negatif sebesar 87,60%, recall pada kelas positif sebesar 57,89% dan kelas negatif sebesar 94,96% dengan total kesalahan hasil prediksi sebanyak 22 data. Berdasarkan hasil klasifikasi, analisis opini pengguna layanan Indosat adalah opini negatif. Hal ini berarti layanan Indosat belum sepenuhnya memuaskan pengguna. Kata kunci: Indosat, Twitter, Klasifikasi Opini, Naïve Bayes.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 12 Jul 2018 05:39
Last Modified: 30 Jan 2019 16:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57604

Actions (login required)

View Item View Item