PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF (TDO) JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MA’ARIF SALAM

Hermantiyo, Zudik (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF (TDO) JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MA’ARIF SALAM. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text
13504241063_Zudik Hermantiyo_Skripsi.doc

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran teknik dasar otomotif (TDO) jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Ma’arif Salam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Langkah pembelajarannya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR E SMK Ma’arif Salam tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 33 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pelaksanaan tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu minimal 75% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran teknik dasar otomotif (TDO) jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Ma’arif Salam. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada tahap pra tindakan, hanya 4 siswa yang mendapat nilai ≥75 (KKM) dari 33 siswa kelas X TKR E dengan presentase ketuntasan sebesar 12,12% dan rata-rata nilai keseluruhan siswa sebesar 45,45. Pada siklus I, siswa yang mendapat nilai ≥75 (KKM) meningkat menjadi 21 dari 33 siswa dengan presentase ketuntasan sebesar 63,64% dan rata-rata nilai keseluruhan siswa sebesar 70,91. Pada siklus II, siswa yang mendapat nilai ≥75 (KKM) meningkat kembali menjadi 27 dari 33 siswa dengan presentase ketuntasan sebesar 81,18% dan rata-rata nilai keseluruhan siswa sebesar 76,51.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperartif Team Game Tournament (TGT), penelitian tindakan kelas, hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Jul 2018 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57603

Actions (login required)

View Item View Item