PREVALENSI, KARAKTERISTIK, DAN PENANGANAN DELAYED ONSET MUSCLE SORENESS (DOMS) DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) OLAHRAGA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Prihantoro, Yanuar (2018) PREVALENSI, KARAKTERISTIK, DAN PENANGANAN DELAYED ONSET MUSCLE SORENESS (DOMS) DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) OLAHRAGA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YANUAR PRIHANTORO 14603141033.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latihan yang melibatkan kontraksi eccentric seringkali menimbulkan nyeri 1 hari setelah latihan (DOMS). Sampai saat ini prevalensi, karakteristik dan penanganan DOMS belum diketahui. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prevalensi, karakteristik, dan penanganan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) anggota UKM olahraga di UNY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah 150 orang dari 5 UKM olahraga UNY. Teknik sampling yang digunakan adalah aksidental sampling. Jumlah sampel adalah 60 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa seluruh anggota UKM bidang olahraga UNY pernah mengalami DOMS. Penanganan yang dilakukan adalah stretching sebanyak 45% dan istirahat sebanyak 42%. Penanganan yang dilakukan dirasa sudah efektif dalam mengurangi rasa nyeri akibat DOMS. Bagian yang sering mengalami DOMS adalah bagian betis (gastrocnemius) sebanyak 36% dan otot hamstring sebanyak 28%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prevalensi, karakteristik, penanganan, nyeri, DOMS
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Jul 2018 06:31
Last Modified: 30 Jan 2019 16:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57597

Actions (login required)

View Item View Item