MOTIVASI BERMAIN FUTSAL SISWA KELAS ATAS SDN ISOLA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI LAPANGAN FUTSAL GERLONG KECAMATAN SUKASARI KOTA BANDUNG TAHUN 2018

Sulaiman, Nunung (2018) MOTIVASI BERMAIN FUTSAL SISWA KELAS ATAS SDN ISOLA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI LAPANGAN FUTSAL GERLONG KECAMATAN SUKASARI KOTA BANDUNG TAHUN 2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi (Nunung Sulaiman).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan ekstrakurikuler futsal SDN Isola di lapangan futsal Gerlong, kecamatan Sukasari, Kota Bandung tahun 2018. Meskipun masih usia sekolah dasar dan belum mempunyai pengetahuan, ketrampilan, maupun pengalaman bermain futsal, namun peserta didik antusias untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui besarnya dari motivasi bermain futsal siswa kelas atas SDN Isola dalam kegiatan ekstrakurikuler futsal di lapangan futsal Gerlong kecamatan Sukasari, kota Bandung tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Serta populasi dari penelitian ini merupakan seluruh siswa SDN Isola peserta kegiatan ekstrakurikuler futsal tahun 2018. Sampel dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas atas peserta kegiatan ekstrakurikuler futsal SDN Isola di lapangan futsal Gerlong kecamatan Isola, Kota Bandung tahun 2018 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Kemudian tingkat nilai validitas dan reliabilitas dari instrumen yang digunakan yaitu nilai koefisien validitas diatas 0,408 dan nilai koefisien reliabilitas 0,905. Dan terakhir teknik analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data menggunakan deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian dari motivasi siswa kelas atas peserta kegiatan ekstrakurikuler futsal SDN Isola kecamatan Sukasari, kota Bandung tahun 2018 dianalisis bahwa sebanyak 1 siswa (3,57%) mempunyai motivasi dalam bermain futsal dengan kategori sangat tinggi, kemudian sebanyak 4 siswa (14,29%) dalam kategori tinggi, sedangkan sebanyak 17 siswa (60,71%) dalam kategori sedang, serta sebanyak 4 siswa (14,29%) dalam kategori rendah dan sebanyak 2 siswa (7,14%) dalam kategori rendah. Berdasarkan data yang telah disebutkan maka dapat disimpulkan bahwa motivasi bermain futsal siswa kelas atas SDN Isola dalam kegiatan ekstrakurikuler futsal di lapangan futsal Gerlong kecamatan Sukasari, kota Bandung tahun 2018 termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi, futsal
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Jul 2018 04:07
Last Modified: 30 Jan 2019 16:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57593

Actions (login required)

View Item View Item