EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X

Wisnu Aji, Listia Palupi and Sugiman, Sugiman (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran guided inquiry berbantuan GeoGebra pada materi trigonometri ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X. Pembelajaran guided inquiry berbantuan GeoGebra dikatakan efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis apabila rata-rata nilai posttest kemampuan komunikasi matematis siswa lebih dari 68 dan lebih tinggi dari siswa kelas konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pengasih yang terdiri dari 6 kelas. Dari 6 kelas tersebut dipilih 2 kelas sebagai sampel penelitian dengan teknik pemilihan purposive sampling, Kelas X MIPA 1 terpilih sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran guided inquiry berbantuan GeoGebra dan kelas X MIPA 2 terpilih sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh rata-rata nilai posttest kemampuan komunikasi matematis siswa kelas guided inquiry berbantuan GeoGebra lebih dari 68 dan lebih tinggi dari siswa kelas konvensional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berbantuan GeoGebra pada materi trigonometri efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Akan tetapi, LKS yang disusun perlu disesuaikan lagi dengan pembelajaran guided inquiry agar dapat lebih memaksimalkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Guided Inquiry, GeoGebra, Trigonometri, Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 12 Jul 2018 05:39
Last Modified: 30 Jan 2019 16:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57570

Actions (login required)

View Item View Item