PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MELALUI TEKNIK BERMAIN GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 PUNDONG

Asih, Budi and Mundilarto, Mundilarto (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MELALUI TEKNIK BERMAIN GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 PUNDONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menentukan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) melalui teknik bermain yang paling efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif, 2) meningkatkan minat belajar fisika peserta didik kelas X MIPA 1 SMA N 1 Pundong, dan 3) meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA 1 SMA N 1 Pundong dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) melalui teknik bermain. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch) dengan subjek penelitian peserta didik kelas X MIPA 1 di SMA N 1 Pundong yang berjumlah 32 peserta didik. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Instrumen berupa lembar soal evaluasi, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif secara persentase. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar fisika peserta didik yakni 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 6,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA 1 di SMA N 1 Pundong dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) melalui teknik bermain. Setelah dilakukan tindakan siklus I, peserta didik yang mencapai ketuntasan 15 siswa (50%) dan belum tuntas 15 siswa (50%). Setelah dilakukan tindakan siklus II, peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 25 (93%) dan belum tuntas 2 siswa (7%). Siklus III, sebanyak 25 peserta didik (92,6%) mencapai KKM dan 2 peserta didik (7,4%) belum mencapai KKM. Penurunan terjadi karena jumlah soal pada siklus III lebih sedikit sehingga persentase menjawab salah menjadi lebih besar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments, teknik bermain
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:23
Last Modified: 30 Jan 2019 16:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57566

Actions (login required)

View Item View Item