PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Nuryanto, Anggita Putri and Mundilarto, Mundilarto (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12. SKRIPSI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, (2) mengetahui seberapa besar peningkatan penguasaan materi peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan, dan (3) mengetahui besar pencapaian minat belajar peserta didik SMA setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design berupa pengumpulan referensi, penentuan format, dan pembuatan rancangan awal perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan. Tahap develope melipui validasi, revisi, uji coba terbatas, dan uji coba luas. Tahap disseminate berupa penyebarluasan produk akhir perangkat pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA N 1 Minggir. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perangkat pembelajaran Usaha dan Energi berbasis Problem Based Learning (PBL) layak digunakan untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar peserta didik dengan perolehan skor RPP dan LKPD ialah 4,67 dan 4,72 yang termasuk dalam kategori sangat baik., (2) Perangkat pembelajaran Usaha dan Energi berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif digunakan ditinjau dari peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan nilai standart gain sedang yaitu 0,47, (3) Pembelajaran Usaha dan Energi berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif digunakan ditinjau dari peningkatan minat belajar peserta didik dengan nilai standart gain sedang yaitu 0, 31. Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, prestasi belajar, minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:24
Last Modified: 30 Jan 2019 16:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57559

Actions (login required)

View Item View Item