KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS FLIPPED LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO DITINJAU DARI PENINGKATAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Diana, Muhammad Nur and Wiyatmo, Yusman (2018) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS FLIPPED LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO DITINJAU DARI PENINGKATAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Lengkap.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan peningkatan hasil belajar aspek kognitif antara peserta didik yang menerapkan pembelajaran fisika berbasis flipped learning menggunakan Edmodo dan pembelajaran konvensional, dan (2) ada tidaknya perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara peserta didik yang menerapkan pembelajaran fisika berbasis flipped learning menggunakan Edmodo dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu XI MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 6 sebagai kelompok kontrol. Masing-masing kelompok sampel terdiri dari 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi terhadap kondisi pembelajaran dan karakteristik peserta didik, angket penilaian validator terhadap kelayakan instrumen pengambilan data, angket penilaian diri untuk mengukur kemandirian belajar, tes tertulis untuk mengukur hasil belajar aspek kognitif, serta observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis deskriptif dilakukan terhadap kelayakan instrumen multimedia pembelajaran berdasarkan simpangan baku ideal (SBi), sementara instrumen tes dan angket divalidasi berdasarkan rasio validitas isi (CVR). Data hasil belajar dan kemandirian belajar dianalisis dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis yang dilakukan dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar aspek kognitif antara peserta didik yang menerapkan pembelajaran fisika berbasis flipped learning menggunakan Edmodo dan pembelajaran konvensional, yang mana pembelajaran berbasis flipped learning menggunakan Edmodo lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi sebesar 0,039 (< 0,05), dan (2) terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara peserta didik yang menerapkan pembelajaran fisika berbasis flipped learning menggunakan Edmodo dan pembelajaran konvensional, yang mana pembelajaran berbasis flipped learning menggunakan Edmodo lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi sebesar 0,002 (< 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: flipped learning, Edmodo, hasil belajar aspek kognitif, kemandirian belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:34
Last Modified: 30 Jan 2019 16:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57555

Actions (login required)

View Item View Item