PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN GENERIC SKILLS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KASIHAN

Ashari, Tri Ani and Wilujeng, Insih (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN GENERIC SKILLS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KASIHAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14. Tri Ani Ashari_14302241032_SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis pengaruh model experiential learning terhadap aspek generic skills fisika peserta didik. (2) mengetahui peningkatan generic skills fisika peserta didik dengan menggunakan model experiential learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X semester 2 SMA N 1 Kasihan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari enam kelas. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan cara cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest-posttest generic skills peserta didik, lembar observasi generic skillls peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model Experiential Learning memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan generic skills fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Kasihan pada pembelajaran materi usaha dan energi dengan nilai effect size 1,58774. (2) Model Experiential Learning mampu meningkatkan generic skills fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Kasihan pada pembelajaran materi usaha dan energi dengan nilai n-gain 0,46 dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Experiential Learning, Generic Skills Fisika, pembahasan usaha dan energi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:33
Last Modified: 30 Jan 2019 16:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57553

Actions (login required)

View Item View Item