PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JOGOALAN

Ningsih, Indah Rizqi kurnia and Astono, Juli (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JOGOALAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13. Skripsi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) kelayakan media pembelajaran poster berbasis Pictorial Riddle dalam pembelajaran pokok bahasan usaha dan energi, (2) peningkatan minat belajar fisika peserta didik pada pokok bahasan usaha dan energi yang disajikan dengan media pembelajaran poster berbasis Pictorial Riddle, (3) peningkatan hasil belajar fisika peserta didik pada pokok bahasan usaha dan energi yang disajikan dengan media pembelajaran poster berbasis Pictorial Riddle. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define untuk mengidentifikasi masalah yang ada dalam pembelajaran fisika menggunakan beberapa analisis. Tahap design untuk menghasilkan produk awal dan instrument penelitian. Tahap develop untuk memperoleh validitas produk dan instrument. Tahap disseminate untuk menyebarluaskan produk media pembelajaran poster berbasis Pictorial Riddle. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik analisis data terdiri dari analisis validitas instrumen dan analisis hasil. Teknik analisis validitas instrumen menggunakan SBI, Koefisien Reprodusibilitas dan Koefisien Skalabilitas, Alpha Cronbach, dan Percentage Agreement (PA), sedangkan untuk analisis hasil menggunakan Normalized Gain dan Interjudge Agreement (IJA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran poster berbasis Pictorial Riddle yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran pada pokok bahasan usaha dan energi di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Jogonalan dengan kategori baik, (2) peningkatan minat belajar fisika setelah menggunakan media pembelajaran poster berbasis Pictorial Riddle berdasarkan nilai Normalized Gain sebesar 0,13 dengan kategori rendah, (3) peningkatan hasil belajar fisika peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran poster berbasis Pictorial Riddle berdasarkan nilai Normalized Gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran poster berbasis Pictorial Riddle, minat belajar fisika, dan hasil belajar fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:23
Last Modified: 30 Jan 2019 16:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57552

Actions (login required)

View Item View Item