PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DENGAN SMARTPHONE ANDROID PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL UNTUK KAJIAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Saputra, Abie Aditya and Wiyatmo, Yusman (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DENGAN SMARTPHONE ANDROID PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL UNTUK KAJIAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran visual aplikasi pada Smartphone Android yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika materi Dinamika Partikel di kelas X SMA, (2) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik SMA kelas X yang menggunakan media pembelajaran visual aplikasi Smartphone Android materi Dinamika Partikel di kelas X SMA, dan (3) mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika peserta didik SMA kelas X yang menggunakan media pembelajaran visual aplikasi Smartphone Android materi Dinamika Partikel di kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dan menggunakan model dari Alessi & Trolip. Pengembangan produk media fisika dimulai dari identifikasi masalah, identifikasi kebutuhan, pegumpulan bahan, pembuatan flowchart, pembuatan storyboard, pembuatan desain interface, pembuatan tampilan, penulisan kode program, pengujian awal, revisi, dan uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar penilaian produk, angket respon peserta didik, angket minat belajar peserta didik, dan tes penguasaan konsep fsika. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 di SMA Islam 1 Sleman. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif pada saran/komentar validator, analisis deskripif kuantitatif pada skor penilaian dan angket, dan analisis standar gain untuk mengetahui peningkatan minat belajar serta penguasaan konsep fisika peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aplikasi media visual dengan smartphone android pada materi dinamika partikel dinyatakan layak oleh validator, (2) aplikasi tersebut dapat meningkatkan minat belajar dengan nilai gain sebesar 0,03, dan (3) aplikasi tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep fisika dengan nilai gain sebesar 0,56.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran visual,aplikasi smartphone android, minat belajar,penguasaan konsep fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 05 Jul 2018 03:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57550

Actions (login required)

View Item View Item