MOTIVASI ORANGTUA DALAM MENGIKUTSERTAKAN PUTRA/PUTRINYA BERLATIH BELADIRI TAEKWONDO DI DOJANG KALINGGA SLEMAN

Chandraca, Dimaz Ahmad (2018) MOTIVASI ORANGTUA DALAM MENGIKUTSERTAKAN PUTRA/PUTRINYA BERLATIH BELADIRI TAEKWONDO DI DOJANG KALINGGA SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Bismillah Skripsi Dimaz Ahmad 14601241001 (setelah sidang + revisi).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi orangtua dalam mengikutsertakan putra/putrinya berlatih beladiri taekwondo di dojang Kalingga Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan survei yaitu dengan memberikan instrumen penelitian berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 70 orangtua yang mengikutsertakan putra/putrinya berlatih beladiri taekwondo di dojang Kalingga Sleman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi orangtua mengikutsertakan putra/putrinya berlatih beladiri taekwondo di dojang Kalingga Sleman pada kategori tinggi. Hasil penelitian dengan rincian sebagai berikut, yaitu sebanyak 5,71% orangtua motivasinya sangat tinggi, 34,29% orangtua motivasinya tinggi, 21,43% orangtua motivasinya sedang, 32,86% orangtua motivasinya rendah, dan 5,71% sangat rendah. Hasil perhitungan yang ada, banyak faktor yang mempengaruhi tingkat motivasi dari orangtua tersebut. Faktor instrinsik memiliki kontribusi sebesar 52,73% terhadap motivasi orangtua dalam mengikutsertakan putra/putrinya berlatih beladiri taekwondo di dojang Kalingga Sleman. Faktor intrinsik tersebut secara lebih rinci terbagi kedalam empat indikator yang memiliki peran masing-masing. Kontribusi indikator fisik sebesar 15,67%, indikator prestasi sebesar 14,26%. Indikator keterampilan sebesar 14,20%, dan indikator psikologi dan mental sebesar 15,67%. Faktor ekstrinsik memiliki kontribusi sebesar 47,27% terhadap motivasi orangtua dalam mengikutsertakan putra/putrinya berlatih beladiri taekwondo di dojang Kalingga Sleman. Faktor ekstrinsik tersebut secara lebih rinci terbagi kedalam tiga indikator yang memiliki peran masing-masing. Kontribusi indikator sarana dan prasarana sebesar 13,84%, indikator teman sebesar 13,26%, dan indikator lingkungan sebesar 13,11%

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: orangtua, taekwondo, motivasi
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Jul 2018 00:43
Last Modified: 11 Mar 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57543

Actions (login required)

View Item View Item