TINGKAT KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN GULING BELAKANG SISWA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE 1 KECAMATAN KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA

Afriadi, Feisal (2018) TINGKAT KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN GULING BELAKANG SISWA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE 1 KECAMATAN KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FEISALAFRIADI_NIM14604221006_PGSDPENJAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran guling belakang selain itu guru juga belum dapat menerapkan pembelajaran senam lantai guling belakang sesuai kurikulum K13. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan dalam pembelajaran senam lantai guling belakang siswa kelas V SD Negeri Kotagede 1 Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei dan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kotagede 1. Sebanyak 60 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi bagian total dan uji reliabilitas instrumen menggunkan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase tingkat kesulitan dalam pembelajaran senam lantai guling belakang siswa kelas V SD Negeri Kotagede 1 Kota Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesulitan siswa kelas V dalam pembelajaran senam lantai guling belakang di SD N Kotagede 1 Kota Yogyakarta adalah terdapat 4 siswa (6,7%) yang mengalami kesulitan pembelajaran guling belakang pada kategori sangat tidak sulit, 13 siswa (21,7%) berada pada kategori tidak sulit, 25 siswa (41,7%) berada pada kategori sedang, 12 siswa (20%) pada kategori sulit dan 6 siswa (10%) pada kategori sangat sulit. Apabila di lihat dari frekuensi tiap kategori, dapat disimpulkan bahwa kesulitan pembelajaran guling belakang siswa memiliki tingkat kesulitan pada kategori sedang dalam pembelajaran senam guling belakang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesulitan, siswa, kategori, sedang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Jul 2018 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 16:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57532

Actions (login required)

View Item View Item