PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA DASAR BADAN WANITA SISTEM PRAKTIS UNTUK SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA

Agnes, Fahriana (2018) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA DASAR BADAN WANITA SISTEM PRAKTIS UNTUK SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi pembuatan pola dasar badan busana wanita sistem praktis siswa kelas X busana di SMK Diponegoro.; 2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran materi pembuatan pola dasar badan busana wanita sistem praktis siswa kelas X busana di SMK Diponegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan 4D. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari; (1) tahap analisis; (2) tahap perencanaan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap penyebaran. Validitas dan Reliabilitas instrumen penelitian dilakukan pertimbangan oleh expert judgment yaitu ahli media dan ahli materi. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru pengampu mata pelajaran. Uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa dengan 20 butir pernyataan valid, untuk uji coba kelompok besar dilakukan dengan 24 siswa kelas X Tata Busana . Hasil penelitian dan pengembanga adalah : 1) Menghasilkan produk media video pembelajaran pembuatan pola dasar badan wanita sistem praktis yang baik dan layak digunakan ; 2) Kelayakan media video pembelajaran pembuatan pola dasar badan wanita sistem praktis berdasarkan pertimbangan dari ahli media dengan rerata 22 termasuk dalam kategori layak, dari ahli materi 22 termasuk dalam kategori layak. Uji coba terbatas pada kelompok kecil termasuk dalam kategori layak. Uji coba kelompok besar berdasarkan analisis deskriptif, termasuk dalam kategori sangat layak dengan prosentase mencapai 100%. Berdasarkan hasil tersebut maka video pembelajaran pembuatan pola dasar badan wanita sistem praktis yang telah disusun layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Pola Dasar Wanita, Siswa SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Jul 2018 03:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57519

Actions (login required)

View Item View Item