Pengaruh Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Pelajaran Produktif, Bimbingan Karir dan Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Keahlian TKJ di Magelang

Tristianingsih, Purwandari Nur (2018) Pengaruh Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Pelajaran Produktif, Bimbingan Karir dan Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Keahlian TKJ di Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-purwandari-nur-tristianingsih-16702251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh Pengalaman Prakerin terhadap kesiapan kerja Siswa SMK Keahlian TKJ di Magelang; (2) besarnya pengaruh Hasil Belajar Pelajaran Produktif terhadap kesiapan kerja Siswa SMK Keahlian TKJ di Magelang; (3) besarnya pengaruh Bimbingan Karir terhadap kesiapan kerja Siswa SMK Keahlian TKJ di Magelang; (4) besarnya pengaruh Motivasi Kerja terhadap kesiapan kerja Siswa SMK Keahlian TKJ di Magelang; dan (5) besarnya pengaruh Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Pelajaran Produktif, Bimbingan Karir, dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja Siswa SMK Keahlian TKJ di Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Magelang sebanyak 180 dari tiga sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 123 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dokumentasi dan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda dengan Uji T dan Uji F, keputusan uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% yang pengujiannya menggunakan aplikasi SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Pengalaman Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa dengan kontribusi Pengalaman Prakerin terhadap kesiapan kerja sebesar 19,8%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan hasil belajar pelajaran produktif terhadap Kesiapan Kerja Siswa dengan kontribusi hasil belajar pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja sebesar 8,5%; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan karir terhadap Kesiapan Kerja dengan kontribusi bimbingan karir terhadap kesiapan kerja sebesar 8,2%; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap Kesiapan Kerja dengan kontribusi motivasi kerja terhadap kesiapan kerja sebesar 7,7%; dan (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Pelajaran Produktif, Bimbingan Karir, dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja Siswa dengan memberikan kontribusi pengaruh sebesar 44,2%. Kesiapan kerja dipengaruhi oleh variabel Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Pelajaran Produktif, Bimbingan Karir, dan Motivasi Kerja sebesar 44,2%, sedangkan sisanya sebesar 55,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesiapan kerja, pengalaman prakerin, hasil belajar pelajaran produktif, bimbingan karir, motivasi kerja, keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:47
Last Modified: 18 Aug 2022 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57514

Actions (login required)

View Item View Item