Anjani, Zuharoh Yastara and Mahmudi, Ali (2018) Keefektifan Pendekatan Kontekstual dengan Stategi REACT Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa SMA Kelas X. S1 thesis, UNY.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pendekatan kontekstual dengan strategi REACT ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa SMA kelas X. Penelitian ini adalah quasi experimental dengan pretest posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X SMA N 4 Yogyakarta yang mempelajari materi rasio trigonometri. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan kontekstual REACT dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis, instrumen angket self efficacy, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan: 1) uji one sample t test digunakan untuk menyelidiki keefektifan pendekatan kontekstual dengan stategi REACT dan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy, 2) uji independet sample t test untuk menyeliki manakah yang lebih efektif antara pendekatan kontekstual dengan strategi REACT dan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy, dan 3) analisis asosiasi, untuk melihat hubungan antara variabel kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan kontekstual dengan strategi REACT efektif ditinjau kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa SMA kelas X; 2) pendekatan saintifik efektif ditinjau kemampuan pemecahan masalah matematis tetapi tidak efektif ditinjau dari self efficacy siswa SMA kelas X; 3) pendekatan kontektual dengan strategi REACT lebih efektif dibandingkan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa SMA kelas X; dan 4) hubungan antara variabel kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy pada kelas kontekstual REACT berada pada kategori sedang, sedangkan pada kelas saintifik berada pada kategori rendah. Kata kunci : kontekstual, REACT, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self efficacy
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 05:34 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |