PENERAPAN ALGORITMA ARTIFICIAL IMMUNE SYSTEM (AIS) DENGAN MODIFIKASI ROUTE CONSTRUCTION UNTUK PENDISTRIBUSIAN BRIGHT GAS 5,5 KG DI PT. WINA WIRA USAHA JAYA

Sartika, Siti Eka Dewi Retno and Sari, Eminugroho Ratna (2018) PENERAPAN ALGORITMA ARTIFICIAL IMMUNE SYSTEM (AIS) DENGAN MODIFIKASI ROUTE CONSTRUCTION UNTUK PENDISTRIBUSIAN BRIGHT GAS 5,5 KG DI PT. WINA WIRA USAHA JAYA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) merupakan gabungan dari bentuk umum capacitated vehicle routing problem (CVRP) dengan vehicle routing problem with time windows (VRPTW). Masalah CVRPTW yang dibahas adalah menentukan rute pendistribusian Bright Gas 5,5 Kg di PT. Wina Wira Usaha Jaya dengan batasan kapasitas dan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah membentuk model matematika Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) untuk Pendistribusian Bright Gas 5,5 Kg di PT. Wina Wira Usaha Jaya, menyelesaikan model dengan algoritma Artifical Immune System (AIS) berdasarkan pemilihan titik (lokasi) yang paling jauh dan titik (lokasi) yang paling dekat untuk Pendistribusian Bright Gas 5,5 Kg di PT. Wina Wira Usaha Jaya, dan membandingkan hasil Algoritma Artifical Immune System (AIS) dengan modifikasi Route Construction berdasarkan pemilihan titik yang paling jauh dan titik yang paling dekat untuk Pendistribusian Bright Gas 5,5 Kg di PT. Wina Wira Usaha Jaya. Algoritma AIS diselesaikan dengan dua tahap yaitu tahap route constructionroute minimization dan tahap local search. Langkah pertama pada tahap route construction-route minimization adalah penentuan seed route, dimana pemilihan titik didasarkan yang paling jauh dan paling dekat. Untuk pembentukan rute awal disesuaikan dengan kapasitas kendaraan menggunakan prosedur ejection pool. Tahap local search digunakan untuk mengoptimalkan hasil dari tahap route minimization. Rute pendistribusian Bright Gas 5,5 Kg di wilayah DIY dihitung menggunakan Algoritma AIS dengan memilih titik yang paling jauh dan titik yang paling dekat. Diperoleh hasil bahwa berdasarkan perbandingan total jarak tempuh dan total waktu tempuh, pemilihan titik yang paling jauh dengan total jarak tempuh 184,75 km dan waktu tempuh 807 menit lebih baik dari pemilihan titik yang paling dekat dengan total jarak tempuh 192,15 km dan waktu tempuh 814 menit, sedangkan berdasarkan tingkat keefektifitasan kapasitas tabung yang tersedia pemilihan titik yang paling dekat lebih baik dari pemilihan titik yang paling jauh. Kata Kunci: CVRPTW, Algoritma Artifical Immune System (AIS), Bright Gas 5,5 Kg

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 12 Jul 2018 05:34
Last Modified: 30 Jan 2019 16:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57487

Actions (login required)

View Item View Item