Pengembangan Buku Pelajaran Tata Bahasa Indonesia Berdasarkan Teknik Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Isnan, Faisal (2018) Pengembangan Buku Pelajaran Tata Bahasa Indonesia Berdasarkan Teknik Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-faisal-isnan-15715251021.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pelajaran tata bahasa Indonesia berdasarkan teknik discovery untuk siswa SMP/MTs dan mengetahui kelayakan buku pelajaran tata bahasa Indonesia berdasarkan teknik discovery untuk siswa SMP/MTs ditinjau dari aspek materi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall dan Sugiyono yang meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan produk, (4) validasi produk; (5) revisi I, (6) respons siswa, (7) revisi II, dan (8) produk akhir. Subjek penelitian ini terdiri atas ahli materi dan kebahasaan, ahli penyajian, ahli kegrafikaan, guru, serta siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi untuk ahli materi, ahli kebahasaan, ahli penyajian, dan ahli kegrafikaan; lembar pengkajian produk untuk guru Bahasa Indonesia; dan lembar respons siswa. Instrumen kelayakan menggunakan rating scale dengan skor 1-5. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa buku pelajaran tata bahasa Indonesia berdasarkan teknik discovery untuk siswa SMP. Buku yang dihasilkan dinyatakan layak dalam aspek materi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan berdasarkan penilaian ahli, guru, dan siswa. Menurut ahli, buku yang dihasilkan dinyatakan layak dan berkategori sangat baik dengan skor rata-rata pada aspek materi: 4,25; aspek kebahasaan: 4,19; aspek penyajian: 4,00; aspek kegrafikaan: 4,74. Menurut guru Bahasa Indonesia, buku yang dihasilkan dinyatakan layak dan berkategori baik dengan skor rata-rata pada aspek materi: 4,23; aspek kebahasaan: 4,17; aspek penyajian: 4,08; dan aspek kegrafikaan: 4,22. Menurut siswa, buku yang dihasilkan dinyatakan layak dan berkategori baik dengan skor rata-rata pada aspek materi: 4,06; aspek kebahasaan: 4,19; aspek penyajian: 4,04; dan aspek kegrafikaan: 4,08.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku pelajaran, tata bahasa Indonesia, teknik discovery
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jun 2018 02:40
Last Modified: 09 May 2019 08:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57484

Actions (login required)

View Item View Item