Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Teks Narasi dengan Pendekatan Berbasis Proses Genre pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang

Wahyuni, Amin (2018) Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Teks Narasi dengan Pendekatan Berbasis Proses Genre pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-amin-wahyuni-15715254008.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) motivasi belajar menulis teks narasi siswa SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang dengan pendekatan berbasis proses genre dan (2) keterampilan menulis teks narasi siswa SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang dengan pendekatan berbasis proses genre. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dan subjeknya adalah siswa kelas VIIIE SMPN 2 Secang Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Langkah-langkah penelitian menggunakan Kemmis & McTaggart yang meliputi 4 langkah: (1) perencanaan, yakni berupa persiapan yang akan dilakukan dalam tindakan yaitu dengan menerapkan setiap tahapan dalam pendekatan berbasis proses genre, (2) tindakan yang berupa penerapan setiap tahapan pada pendekatan berbasis proses genre; (3) pengamatan yang berupa kegiatan mengamati tindakan dengan menerapkan pendekatan berbasis proses genre; dan (4) refleksi, yaitu diskusi antara peneliti dan kolaborator tentang temuan yang didapat pada tahapan tindakan dan observasi. Reliabilitas data diperoleh menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan memadukan hasil dari angket motivasi, pengamatan aktivitas siswa, catatan lapangan, dan hasil tes menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan berbasis proses genre pada setiap siklus terlihat adanya peningkatan motivasi belajar dan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang. Pada siklus I motivasi belajar mencapai 40,62% dengan rata-rata 71,25% dan tingkat tinggi pada aktivitas siswa, sedangkan motivasi belajar pada siklus II mencapai 100% dengan rata-rata 80,66% dan tingkat tinggi pada aktivitas siswa. Keberhasilan pembelajaran keterampilan menulis teks narasi pada siklus I mencapai 78,13% dengan nilai rata-rata 78,28 dan pada siklus II mencapai 93,75% dengan nilai rata-rata 83,25.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, keterampilan menulis teks narasi, pendekatan berbasis proses genre
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jun 2018 01:27
Last Modified: 09 May 2019 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57405

Actions (login required)

View Item View Item