STRATEGI PEMANFAATAN MUSEUM GUNUNG API MERAPI DAN MUSEUM AFFANDI SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEMATIK (STUDI DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KEPUTRAN I YOGYAKARTA)

Praptiwi, Ndaru (2018) STRATEGI PEMANFAATAN MUSEUM GUNUNG API MERAPI DAN MUSEUM AFFANDI SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEMATIK (STUDI DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KEPUTRAN I YOGYAKARTA). S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ndaru Praptiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan strategi pemanfaatan Museum Gunung Api Merapi (MGM) dan Museum Affandi sebagai sumber belajar tema Ekosistem subtema Komponen Ekosistem pembelajaran tiga pada siswa kelas V SDN Keputran I Yogyakarta, dan (2) mendeskripsikan faktor penghambat pemanfaatan MGM dan Museum Affandi sebagai sumber belajar siswa kelas V SDN Keputran I Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif dan dilakukan di SDN Keputran I Yogyakarta, MGM, serta Museum Affandi. Sumber data penelitian: manusia, kegiatan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian: (1) sekolah memanfaatkan fasilitas WKM untuk rekreasi edukatif dengan strategi perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut secara teknis maupun akademis. Perencanaan teknis meliputi koordinasi dan perencanaan akademis meliputi peninjauan KD serta penyusunan LKS. Pelaksanaan teknis meliputi kegiatan kunjungan yang disesuaikan prinsip pembelajaran tematik dan suasana belajar yang aktif interaktif. Tindak lanjut teknis meliputi penyusunan laporan pertanggungjawaban oleh panitia dan tindak lanjut akademis meliputi penyusunan laporan kunjungan oleh siswa dan pembahasan saat pembelajaran di kelas; (2) hambatan di museum: keterbatasan waktu meninjau KD, koordinasi, ketidaksesuaian LKS, waktu pengembangan afektif, dan turunnya hujan. Hambatan di museum tersebut diatasi dengan koordinasi singkat; edukator memfokuskan perhatian siswa, guru mendampingi edukator, dan mempersingkat eksplorasi lingkungan. Kata kunci: sumber belajar, museum.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:10
Last Modified: 30 Jan 2019 16:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57383

Actions (login required)

View Item View Item