PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI GADINGAN DAN SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO

Utami, Nur Aini Tri (2018) PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI GADINGAN DAN SD NEGERI PUNUKAN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nur Aini Tri Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Jarimatika terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas II SD Negeri Gadingan dan SD Negeri Punukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Desain penelitian dalam penelitian ini adalah quasi experimental design bentuk nonequivalent controlgroup design. Kelompok eksperimen diberi perlakuan Metode Jarimatika, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode yang biasa digunakan guru yaitu ekspositori, tanya jawab dan hafalan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi.Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif. Penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan peningkatanrata-rata nilai pretest dan posttestkelompok eksperimen yaitu 14,45 lebih tinggi dari selisih rata-rata nilai pretestdan posttestkelompok kontrol yaitu 11,33. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,029 lebih besar dari t tabel sebesar 2,014 (2,029>2,014) dan nilai signifikansi sebesar 0,046 lebih kecil dari 0,05 (0,046<0,05)pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji t tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Jarimatika terhadap hasil belajar perkalian pada siswa kelas II SD Negeri Gadingan dan SD Negeri Punukan. Kata kunci: Metode Jarimatika, hasil belajar perkalian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:07
Last Modified: 30 Jan 2019 16:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57382

Actions (login required)

View Item View Item