UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MENGGUNAKAN METODE GUIDED WRITING DI KELAS 2A SD N SAMPANGAN

Haritzah, Rimawan (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MENGGUNAKAN METODE GUIDED WRITING DI KELAS 2A SD N SAMPANGAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rimawan Haritzah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis tegak bersambung menggunaka metode guided writing di kelas 2A SD N Sampangan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan berkolaborasi dengan guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2A SD N Sampangan yang berjumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis tegak bersambung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan tes unjuk kerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah catatan lapangan, lembar pengamatan rating scale dan soal tes keterampilan menulis tegak bersambung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Penggunaan metode guided writing dalam proses pembelajaran menulis tegak bersambung dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas 2A SD N Sampangan. Peningkatan pada proses dapat dilihat pada antusias siswa dalam mengkuti pembelajaran dari siklus ke siklus. Selain itu, peningkatan proses juga dapat dilihat pada media yang digunakan guru dalam pembelajaran. Dampak dari proses tersebut adalah meningkatnya keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas 2A SD N Sampangan. Hal tersebut dibuktikan dengan skor rerata pre tes sebesar 55,95 kemudian pada siklus III mengalami kenaikan menjadi 81,72. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode guided writing dapat meningkatkan ketrampilan menulis tegak bersambung siswa kelas 2A SD N Sampangan. Kata kunci: keterampilan menulis, tegak bersambung, guided writing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 16:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57379

Actions (login required)

View Item View Item