ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SETELAH AKUISISI DAN MERGER YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2013

Hanifani, Nur Aziz (2018) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SETELAH AKUISISI DAN MERGER YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan signifikan pada kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah melakukan akuisisi dan merger pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2010-2013. Variabel yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan tersebut terdiri: rasio likuiditas (Current Ratio, Cash Ratio), rasio solvabilitas (Debt To Equity Ratio, Debt To Total Assets Ratio), rasio aktivitas (Fixed Asset Turnover Ratio, Total Assets Turnover Ratio), dan rasio profitabilitas (Net Profit Margin, Return On Investment, Return On Equity, Earning per Share of Common Stock). Populasi penelitian meliputi seluruh perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang melakukan aktivitas akuisisi dan merger periode 2010- 2013. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 15 perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, Paired Sample T-Test, Wilcoxon’s Signed Ranks Test. Uji normalitas dilakukan untuk melihat apakah data berdistribusi normal atau tidak. Apabila data berdistribusi normal, digunakan Paired Sample T-Test namun jika data tidak berdistribusi normal, digunakan Wilcoxon's Signed Ranks Test. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wilcoxon's Signed Ranks Test. Hasil dari pengujian Wilcoxon Signed Ranks Test untuk Current Ratio, Cash Ratio, Debt To Equity Ratio, Debt To Total Assets Ratio, Fixed Asset Turnover Ratio, Net Profit Margin, Return On Investment, Return On Equity dan Earning per Share of Common Stock setelah akuisisi dan merger memiliki nilai Asymp.Sig (2-tailed) lebih besar dibandingkan nilai signifikansi yang ditetapkan α=0,05 (>0,05). Hal ini dapat diartikan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan. Sedangkan untuk Total Assets Turnover Ratio (TATO) setelah akuisisi dan merger memiliki nilai Asymp.Sig (2-tailed) lebih kecil dibandingkan nilai signifikansi yang ditetapkan α=0,05 (<0,05). Hal ini berarti terdapat perbedaan signifikan pada Total Asset Turnover setelah perusahaan melakukan akuisisi dan merger.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Akusisi, Merger, Rasio Keuangan, Wilcoxon's Signed Ranks Test.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 25 Jun 2018 03:58
Last Modified: 30 Jan 2019 16:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57378

Actions (login required)

View Item View Item