PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TUNGGAL PADA SISWA KELAS IIA SD NEGERI BANGUNJIWO

Pertiwi, Ismi Julia (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TUNGGAL PADA SISWA KELAS IIA SD NEGERI BANGUNJIWO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ismi Julia Pertiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses meningkatkan keterampilan menulis permulaan menggunakan media gambar tunggal, dan (2) mengetahui hasil peningkatan keterampilan menulis permulaan menggunakan media gambar tunggal pada siswa kelas IIA SD Negeri Bangunjiwo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIA SD Negeri Bangunjiwo yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pedoman observasi dan lembar penilaian tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis permulaan menggunakan media gambar tunggal pada siswa kelas IIA SD Negeri Bangunjiwo. Pembelajaran dengan cara menggunakan satu gambar yang dicetak ukuran A4. Kegiatan diawali dengan siswa mengamati gambar yang ditempel di papan tulis dan melakukan tanya jawab tentang isi gambar yang diamati. Setelah itu siswa menuliskan beberapa kalimat yang sesuai dengan gambar yang diamati. Kegiatan diakhiri dengan siswa membacakan hasil tulisannya di depan kelas. Peningkatan keterampilan menulis dapat dilihat dari rata-rata nilai keterampilan menulis permulaan siswa pada prasiklus sebesar 67,25 menjadi 72,74 pada siklus I, sehingga mengalami peningkatan sebesar 5,49 dan pada siklus II rata-rata nilai keterampilan menulis permulaan siswa sebesar 80,85 atau mengalami peningkatan sebesar 8,11. Kata kunci: keterampilan menulis permulaan, media gambar tunggal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2018 03:56
Last Modified: 30 Jan 2019 16:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57377

Actions (login required)

View Item View Item