UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SOKASARI KECAMATAN PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Endarwati, Tri (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SOKASARI KECAMATAN PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tri Endarwati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SDN Sokasari Patuk Gunungkidul, Tahun Ajaran 2017/2018. Keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Sokasari ditingkatkan melalui penerapan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi perencanaan, tindakan & observasi, serta refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Sokasari yang berjumlah 27 siswa, yakni 14 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SDN Sokasari melalui pendekatan kontekstual. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan proses ditunjukkan melalui catatan lapangan selama tindakan, yakni siswa menjadi lebih aktif dan antusias selama pembelajaran. Pembelajaran terlaksana secara lebih bermakna bagi siswa. Peningkatan hasil dilihat dari pencapaian nilai rata-rata kelas yang meningkat dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata menulis puisi pada pra tindakan sebesar 62,46 menjadi 72,45 pada siklus I dan mencapai 80,89 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa dalam menulis puisi meningkat dari kondisi awal 11,12% menjadi 44,44% pada siklus I dan menjadi 85,18% pada siklus II. Upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual dilakukan dengan menerapkan komponen-komponen pendekatan kontekstual pada pembelajaran seperti: bertanya, pemodelan, inkuiri, konstruktivisme, masyarakat belajar, penilaian autentik, dan refleksi. Kata kunci: keterampilan menulis, puisi, siswa kelas IV SD, pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2018 03:54
Last Modified: 30 Jan 2019 16:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57376

Actions (login required)

View Item View Item