PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI IV PLAYEN GUNUNGKIDUL

Nurfitasari, Wulan (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI IV PLAYEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Wulan Nurfitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas V SDN IV Playen Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN IV Playen Gunungkidul yang berjumlah 13 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal persentase rerata keterampilan sosial siswa mencapai 76% kategori baik pada setiap dimensi dan 76% dari total keseluruhan siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 76. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match yaitu peningkatan rerata keterampilan sosial dimensi peer relationship skills mencapai 73% (cukup) pada siklus I menjadi 89% (sangat baik) pada siklus II dan academic skills mencapai 68% (cukup) pada siklus I menjadi 83% (baik) pada siklus II. Persentase siswa yang tuntas KKM juga mengalami peningkatan yaitu dari 75,54% pada siklus I, dan 84,62% pada siklus II. Kata kunci: keterampilan sosial, hasil belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2018 03:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57369

Actions (login required)

View Item View Item