PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIYAAN SYARIAH (KSPPS) BAITUL MAL WA TANWIL (BMT) TURI SEMBADA KABUPATEN SLEMAN

Isnawati, Dian (2018) PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIYAAN SYARIAH (KSPPS) BAITUL MAL WA TANWIL (BMT) TURI SEMBADA KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
DIAN ISNAWATI_14804244005_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat dimensi kualitas pelayanan KSPPS BMT Turi Sembada, 2) tingkat kepuasan nasabah KSPPS BMT Turi Sembada terhadap pelayanan KSPPS BMT Turi Sembada, dan 3) pengaruh dimensi kualitas layanan KSPPS BMT Turi Sembada terhadap kepuasan nasabah KSPPS BMT Turi Sembada. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi nasabah KSPPS BMT Turi Sembada yang berjumlah 1.327. Jumlah sampel 93 nasabah yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan regresi linear ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) tingkat dimensi kualitas pelayanan KSPPS BMT Turi Sembada dalam kategori sedang 2) tingkat kepuasan nasabah dalam kategori sedang 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan compliance, assurance, reliability, emphaty, responsiveness terhadap kepuasan nasabah dan tidak ada pengaruh tangible terhadap kepuasan nasabah serta terdapat pengaruh positif dan signifikan compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, responsiveness secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah. Sumbangan Relatif (SR) compliance sebesar 17,4%, assurance sebesar 25,1%, reliability sebesar 17,4%, tangible sebesar -0,1%, emphaty sebesar 21,4% dan responsiveness sebesar 18,8% terhadap kepuasan nasabah. Sementara itu, Sumbangan efektif (SE) compliance sebesar 10,85%, assurance sebesar 15,64%, reliability sebesar 10,88%, tangible sebesar -0,06%, emphaty sebesar 13,35% dan responsiveness sebesar 11,75% terhadap kepuasan nasabah. Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dari keenam variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 62,41% sedangkan sisanya sebesar 37,59%.% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, kepuasan nasabah, koperasi simpan pinjam pembiyaan syariah
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:49
Last Modified: 30 Jan 2019 16:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57363

Actions (login required)

View Item View Item