ENVIRONMENTAL KUZNET CURVE: HUBUNGAN PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN DEGRADASI KUALITAS UDARA DALAM PENCAPAIAN MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDGs) DI INDONESIA

Dwi Susanti, Eryan (2018) ENVIRONMENTAL KUZNET CURVE: HUBUNGAN PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN DEGRADASI KUALITAS UDARA DALAM PENCAPAIAN MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDGs) DI INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Eryan Dwi Susanti_13804241011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi menyebabkan kerusakan lingkungan seperti polusi. Polusi udara merupakan salah satu eksternalitas negatif sebagai konsekuensi dari memproduksi barang atau jasa. Di sisi lain, hipotesis Environmental Kuznet Curve (EKC) mengungkapkan hubungan jangka panjang pertumbuhan ekonomi dalam mengembalikan kerusakan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan apakah hubungan pertumbuhan ekonomi dan kerusakan lingkungan sesuai hipotesis EKC berbentuk kurva U-terbalik serta mengetahui ada tidaknya perbedaan estimasi dikaitkan dengan pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik estimasi Error Correction Model (ECM) Domowitz-Elbadawi untuk mengetahui hubungan jangka pendek dan jangka panjang. Variabel dummy ditambahkan untuk mengetahui apakah kesepakatan MDGs mempengaruhi hasil esimasi. Dummy bernilai 0 untuk periode sebelum tahun 2000 dan dummy bernilai 1 untuk periode 2000-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EKC tidak terbukti baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. EKC tidak terbukti dalam jangka panjang karena penurunan emisi karbondioksida membutuhkan waktu yang lama. EKC tidak terbukti dalam jangka panjang karena Indonesia masih negara berkembang yang masih memprioritaskan peningkatan pendapatan per kapita sehingga mengesampingkan adanya kerusakan lingkungan. Variabel dummy tidak signifikan karena dalam kesepakatan MDGs Indonesia bukan merupakan negara yang wajib menurunkan emisi karbondioksida tetapi memiliki kepentingan untuk ikut serta menurunkan emisi karbondioksida. Sedangkan variabel pertumbuhan populasi berpengaruh positif signifikan dan perdagangan positif tetapi tidak signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Environmental Kuznet Curve, eksternalitas, emisi karbondioksida, Error Correction Model
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 16:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57358

Actions (login required)

View Item View Item