PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS I UPT KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL

Munawwaroh, Luthfi (2018) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS I UPT KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Lutfhi Munawwaroh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Disiplin merupakan persoalan yang sangat penting dalam pengelolaan kelas. Tanpa pengelolaan kelas yang efektif, maka guru tidak akan mendapatkan kelas yang berdisiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar se-Gugus I UPT Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post-facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus I UPT Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 121 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan proportional random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan skala psikologi untuk mengukur pengelolaan kelas dan disiplin belajar siswa. Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan teknik analisis koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dan disiplin belajar siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa yakni dengan Fhitung sebesar 74,682 > Ftabel (3,09) dan nilai signifikansi sebesar 0,00 (sig<0,05). Sumbangan tiap aspek pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa yaitu: (1) Aspek memahami kebutuhan personal dan psikologis siswa sebesar 31,1%, (2) aspek menciptakan iklim kelas yang positif dan komunitas yang mendukung sebesar 10%, (3) aspek memfasilitasi pembelajaran yang optimal dengan menggunakan metode instruksional sebesar 37,2% dan (4) aspek memberikan konseling terkait perilaku siswa dan mengoreksi perilaku yang tidak tepat memberi sumbangan sebesar 18,7%. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar se-Gugus I UPT Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul. Kata kunci: pengelolaan kelas, disiplin belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2018 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 16:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57355

Actions (login required)

View Item View Item