PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THIK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PARTISIPASI (PARTICIPATION SKILLS) SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) KELAS IV SD NEGERI BUMIJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Tarana, Arsya Dwi (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THIK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PARTISIPASI (PARTICIPATION SKILLS) SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) KELAS IV SD NEGERI BUMIJO TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Arsya Dwi Tarana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan partisipasi belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe think pair share pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (Pkn) kelas IV SD Negeri Bumijo Tahun Ajaran 2017⁄2018. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bumijo, Yogyakarta sebanyak 25 orang siswa. Penelitian ini menggunakan design penelitian dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang berisi perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Pelaksanaan penelitian menggunakan instrumen penelitian yang digunakan sebagai bahan observasi kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan keterampilan partisipasi siswa berupa lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian melalui penerapan model cooperative learning tipe think pair share dapat meningkatkan keterampilan partisipasi (participation skills) siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn). Hal ini dibuktikan dengan adanya ketercapaian dari kegiatan pra tindakan sebesar 24%, ketercapaian siswa pada siklus I meningkat menjadi 56% dengan rincian 11 siswa berada dalam kategori cukup, 12 siswa dengan kategori baik, dan 2 siswa berada dalam kategori sangat baik. Penelitian ini berlanjut dengan modifikasi dalam tahapan pelaksanaan kegiatan cooperative learning tipe think pair share dengan guru lebih dalam memonitoring kegiatan siswa pada tahap pair pada siklus II, hasilnya adalah keterampilan partisipasi meningkat menjadi 88% dengan rincian 3 siswa berada pada kategori cukup, 11 siswa pada kaategori baik dan 11 siswa berada pada kategori sangat baik. Kata kunci: keterampilan partisipasi Pkn, model cooperative learning, tipe think pair share

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2018 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 16:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57353

Actions (login required)

View Item View Item