PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS IIIA DI SDN GEDONGTENGEN

Arifin, Bahrul (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS IIIA DI SDN GEDONGTENGEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Bahrul Arifin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan metode field trip dalam pembelajaran menulisdeskripsi dan mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa yang diajarkan dengan metode field trip kelas IIIA SDN Gedongtengen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini 29 siswa kelas IIIA SDN Gedongtengen tahun ajaran 2017/2018. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan tes unjuk kerja. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi rating scale dan soal tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya capaian aktivitas guru dan siswa. Capaian aktivitas siswa pada siklus I sebesar 61,2 menjadi 82,5 pada siklus II sehingga mengalami peningkatan sebesar 21,3. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 66,4 menjadi 82,04 pada siklus II sehingga mengalami peningkatan sebesar 20,55. Penerapan metode field trip dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis deskripsi siswa. Peningkatan dapat dilihat dari rerata nilai kemampuan menulis deskripsi siswa pada pra tindakan sebesar 52,97 menjadi 64,52 pada siklus I, sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,55 dan pada siklus II rerata nilai kemampuan menulis deskripsi siswa sebesar 77,64 sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,12. Kata kunci: kemampuan menulis deskripsi, metode field trip

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2018 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 16:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57346

Actions (login required)

View Item View Item