ANALISIS PELAKSANAAN DAN PERHITUNGAN BAGI HASIL PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BMT BINAMAS PURWOREJO

Fladira, Ratna (2018) ANALISIS PELAKSANAAN DAN PERHITUNGAN BAGI HASIL PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BMT BINAMAS PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RATNA FLADIRA_14804241024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pembiayaan musyarakah di BMT Binamas Purworejo. 2) Perhitungan bagi hasil pembiayaan musyarakah di BMT Binamas Purworejo. 3) Kesesuaian pembiayaan musyarakah di BMT Binamas Purworejo dengan Fatwa DSN No. 08/DSN-MUI/IV/2000. 4) Kesesuaian perhitungan bagi hasil di BMT Binamas Purworejo dengan Fatwa DSN No. 15/DSN-MUI/IX/2000. 5) Penanganan kredit macet dalam pembiayaan musyarakah di BMT Binamas Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah teknik triangulasi, sedangkan untuk pemerikasaan data menggunakan cross check. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Prosedur – prosedur yang harus dipenuhi dalam pembiayaan musyarakah yaitu, mitra mengisi formulir permohonan pembiayaan dan melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan. 2) Untuk melakukan perhitungan bagi hasil harus ditetapkan nisbah terlebih dahulu. Selain itu, keuntungan per bulan mitra menjadi penentu besar kecilnya bagi hasil. 3) Pembagian keuntungan masih belum sesuai dengan Fatwa DSN No. 08/DSN-MUI/IV/2000. Pembagian keuntungan tidak dibagikan secara proporsional atas dasar seluruh keuntungan, karena ada jumlah yang ditentukan di awal berupa proyeksi bagi hasil. Sehingga mitra cenderung membayar bagi hasil sama dengan kesepakatan awal. 4) BMT Binamas Purworejo berdasarkan Fatwa DSN No. 15/DSN-MUI/IX/2000 telah memenuhi ketentuan yang difatwakan. Dalam melakukan pembagian hasil usaha, BMT Binamas Purworejo menggunakan prinsip bagi untung (profit sharing). Dalam hal ini, penetuan biaya-biaya dalam kegiatan usaha dilakukan oleh mitra, sehingga kejujuran dari pihak mitra sangat menentukan besar kecilnya bagi hasil yang diterima oleh pihak BMT maupun mitra. 5) Penanganan kredit macet di BMT Binamas Purworejo dilakukan dengan cara memberikan denda keterlambatan dan biaya penagihan, akad ulang, dan eksekusi jaminan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembiayaan Musyarakah, Perhitungan Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah, Penanganan Kredit Macet
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:46
Last Modified: 30 Jan 2019 16:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57342

Actions (login required)

View Item View Item