PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Mar’ati, Fitriatun (2018) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi;(2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi;(3) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini berjumlah 166 siswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel bebas Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar beserta variabel terikat Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018 yang ditunjukkan dengan nilai thitung2,508, koefisien regresi 0,232 dan nilai signifikansi 0,014. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka dapat dikatakan bahwa semakin baik Status Sosial Ekonomi Orang Tua maka akan semakin tinggi Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018 yang ditunjukkan dengan nilai thitung 3,587, koefisien regresi 0,232 dan nilai signifikansi 0,001. Berdasarkan kesimpulan tersebut dapat dikatakan bahwa semakin tinggi Motivasi Belajar maka akan semakin tinggi Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018 yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 37.224dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,314 atau 31,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 16:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57340

Actions (login required)

View Item View Item