EFISIENSI ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT NASIONAL DI INDONESIA DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (Studi di BadanAmil Zakat Nasional, Rumah Zakat, dan PKPU Periode 2016)

Widyaningrum, Noviana (2018) EFISIENSI ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT NASIONAL DI INDONESIA DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (Studi di BadanAmil Zakat Nasional, Rumah Zakat, dan PKPU Periode 2016). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Noviana Widyaningrum_13804241061_skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Nasional pada periode 2016 sebagai lembaga intermediasi dan produksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian Organisasi Pengelola Zakat Nasional dengan teknik purposive sampling. Dari 19 OPZ yang tercatat di Kementerian Keuangan, dipilih tiga OPZ yakni Badan Amil Zakat Nasional, Rumah Zakat, dan PKPU. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Objek yang diteliti adalah laporan keuangan pada periode 2016. Metode yang digunakan adalah Data Envelopment Analyisis (DEA) dengan pendekatan produksi dan intermediasi, orientasi input-output serta asumsi CRS dan VRS. Hasil penelitian ini menunjukkan efisiensi secara relatif. Organisasi Pengelola Zakat Nasional yakni Badan Amil Zakat Nasional, Rumah Zakat, dan PKPU dengan pendekatan intermediasi, orientasi input-output serta asumsi CRS dan VRS telah efisien dengan skor masing-masing 100%. Pada pendekatan produksi orientasi input-output serta asumsi CRS dan VRS kedua lembaga yakni PKPU dan Rumah Zakat telah mencapai skor efisien yakni 100%. Namun terdapat inefisiensi pada Badan Amil Zakat Nasional orientasi inputdengan asumsi CRS 74,81%, orientasi output dengan asumsi CRS 74,81%, orientasi input dengan asumsi VRS 75%, dan orientasi output dengan asumsi VRS 77,68%. Inefisiensi terjadi pada variabel biaya personalia, biaya operasional, biaya sosialisi, serta dana terhimpun dan tersalurkan. Untuk meningkatkan efisiensi pada variabel-variabel tersebut, BAZNAS perlu mengacu pada kinerja Rumah Zakat dan PKPU.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, Data Envelopment Analysis, Organisasi Pengelola Zakat, Pendekatan Intermediasi, Pendekatan Produksi
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Jun 2018 06:18
Last Modified: 30 Jan 2019 16:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57322

Actions (login required)

View Item View Item