PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X ILMU-ILMU SOSIAL DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN, BANTUL

Widiarti, Endah (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X ILMU-ILMU SOSIAL DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP-ENDAH WIDIARTI-13804241026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X ilmu-ilmu sosial di SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul, baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X ilmu-ilmu sosial tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 97 orang dan semua diambil sebagai subjek penelitian, sehingga penelitian ini juga merupakan penelitian populasi atau sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha.Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi, dengan nilai thitung 9,984 dan nilai signifikansi 0,000. 2) Terdapat pengaruh positif kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi, dengan nilai thitung 4,487 dan nilai signifikansi 0,000. 3) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar dan kesiapan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi, dengan nilai Fhitung180,033 dan nilai signifikansi 0,000. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,793 atau 79,3%. Hasil ini mengindikasikan bahwa hasil belajar ekonomi dapat dijelaskan oleh variabel motivasi belajar dan kesiapan belajar sebesar 79,3%, sedangkan yang 20,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kesiapan,Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Jun 2018 06:08
Last Modified: 30 Jan 2019 16:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57318

Actions (login required)

View Item View Item