PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA, RELIGIUSITAS DAN LOVE OF MONEY TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta dan Mahasiswa Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta)

Diana, Ana Risma (2018) PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA, RELIGIUSITAS DAN LOVE OF MONEY TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta dan Mahasiswa Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FINAL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pengetahuan Etika terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi UNY dan mahasiswa akuntansi syariah UIN SUKA; (2) Pengaruh Religiusitas terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi UNY dan mahasiswa akuntansi syariah UIN SUKA; (3) Pengaruh Love of Money terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi UNY dan mahasiswa akuntansi syariah UIN SUKA; dan (4) Pengaruh Pengetahuan Etika, Religiusitas, dan Love of Money secara simultan terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi UNY dan mahasiswa akuntansi syariah UIN SUKA. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan mahasiswa akuntansi syariah Universtas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 169 responden. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan Etika berpengaruh positif terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi UNY dan mahasiswa akuntansi syariah UIN SUKA, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi 0,081, nilai thitung lebih besar dari ttabel 2,374>1,653 dan nilai signifikansi 0,019<0,05; (2) Religiusitas berpengaruh positif terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi UNY dan mahasiswa akuntansi syariah UIN SUKA, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi 0,064, nilai thitung lebih besar dari ttabel 2,112>1,653 dan nilai signifikansi 0,036<0,05; (3) Love of Money berpengaruh negatif terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi UNY dan mahasiswa akuntansi syariah UIN SUKA, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi -0,025, nilai thitung lebih besar dari ttabel 1,998>1,653 dan nilai signifikansi 0,047<0,05; dan (4) Pengetahuan etika, Religiusitas, dan Love of Money berpengaruh terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi UNY dan mahasiswa akuntansi syariah UIN SUKA dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,062, 0,032, -0,02, nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel 3,351>2,27 dan signifikansi 0,020<0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Etika, Religiusitas, Love of Money, Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Jun 2018 07:28
Last Modified: 30 Jan 2019 16:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57303

Actions (login required)

View Item View Item