PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, PERSENTASE SAHAM YANG DITAWARKAN, EARNING PER SHARE, DAN KONDISI PASAR TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2012-2015

Herbanu, Putra L (2018) PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, PERSENTASE SAHAM YANG DITAWARKAN, EARNING PER SHARE, DAN KONDISI PASAR TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2012-2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HERBANU PUTRO L_12812141046.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Umur Perusahaan terhadap Underpricing Saham, (2) Pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Underpricing Saham, (3) Pengaruh Persentase Saham yang Ditawarkan terhadap Underpricing Saham, (4) Pengaruh Earning Per Share terhadap Underpricing Saham, (5) Pengaruh Kondisi Pasar terhadap Underpricing Saham, (6) Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Persentase Saham yang Ditawarkan, Earning Per Share, dan Kondisi Pasar terhadap Underpricing Saham pada saat Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 66 perusahaan dari 90 perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di BEI tahun 2012-2015. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif data, uji asumsi klasik, regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Umur Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing Saham, ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar -0,001 dan signifikansi > 0,05 yaitu 0,587. (2) Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap Underpricing Saham, ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar -0, 071 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,016. (3) Persentase Saham yang Ditawarkan berpengaruh positif signifikan terhadap Underpricing Saham, ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0, 007 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,015. (4) Earning Per Share berpengaruh positif signifikan terhadap Underpricing Saham, ditunjukkan dengan kefisien regresi sebesar 0,001 dan signifikansi < 0,05 yaitu 0,037. (5) Kondisi Pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing Saham, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi > 0,05 yaitu 0,656. (6) Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Persentase Saham yang Ditawarkan, Earning Per Share, dan Kondisi Pasar secara simultan berpengaruh terhadap Underpricing, ditunjukkan dengan nilai F hasil > F tabel (3,080 > 2,37) dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,015.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Persentase Saham yang Ditawarkan, Earning Per Share, Kondisi Pasar, Underpricing Saham
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Jun 2018 07:24
Last Modified: 30 Jan 2019 16:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57302

Actions (login required)

View Item View Item