PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI, DAN PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN UMKM BERDASARKAN SAK ETAP (Studi Kasus pada UMKM Kerajinan Batik di Kecamatan Kraton Yogyakarta)

Lohanda, Dedi (2018) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI, DAN PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN UMKM BERDASARKAN SAK ETAP (Studi Kasus pada UMKM Kerajinan Batik di Kecamatan Kraton Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Terhadap .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Pelaporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK ETAP, (2) Pengaruh Pemahaman Akuntansi terhadap Pelaporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK ETAP, (3) Pengaruh Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan terhadap Pelaporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK ETAP, (4) Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi Dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan terhadap Pelaporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK ETAP pada UMKM kerajinan batik Kecamatan Kraton Yogyakarta. Sampel penelitian ini yaitu 36 UMKM kerajinan batik di Kecamatan Kraton Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas menyatakan bahwa terdapat 1 pertanyaan kuesioner tingkat pendidikan dan 1 pertanyaan kuesioner pemahaman akuntansi yang harus dikeluarkan. Hasil uji reliabilitas menyatakan bahwa kuesioner reliabel. Uji hipotesis menggunakan uji regresi yang didahului dengan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Selanjutnya uji hipotesis di lakukan dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji regeresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pelaporan keuangan UMKM berdasarkan SAK ETAP. Hal ini dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel (1,385 < 2,030) dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,174 > 0,05). (2) Terdapat pengaruh positif pemahaman akuntansi terhadap pelaporan keuangan UMKM berdasarkan SAK ETAP. Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,493. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,389 > 2,030) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). (3) Pelatihan penyusunan laporan keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap pelaporan keuangan UMKM berdasarkan SAK ETAP. Hal ini dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel (0,974 < 2,030) dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,337 > 0,05). (4) Terdapat pengaruh secara bersama-sama tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi, dan pelatihan penyusunan laporan keuangan terhadap pelaporan keuangan UMKM berdasarkan SAK ETAP. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (6,419 > 2,90) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi,Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan, Pelaporan keuangan UMKM Berdasarkan SAK ETAP
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Jun 2018 07:19
Last Modified: 30 Jan 2019 16:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57297

Actions (login required)

View Item View Item