HAMBATAN MAHASISWA PGSD PENJAS KAMPUS WATES KELAS C TAHUN ANGKATAN 2014 DALAM PELAKSANAAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Pradana, Bagus Putra (2018) HAMBATAN MAHASISWA PGSD PENJAS KAMPUS WATES KELAS C TAHUN ANGKATAN 2014 DALAM PELAKSANAAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Bagus Putra Pradana (14604221076).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi hambatan Mahasiswa PGSD Penjas Kampus Wates Kelas C Tahun Angkatan 2014 dalam Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulam data menggunakan teknik wawancara terstuktur. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 mahasiswa PGSD Penjas Kampus Wates Kelas C Tahun Angkatan 2014 yang mengikuti Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dan 5 guru penjas Sekolah Dasar yang digunakan sebagai lokasi PLT. Teknik dalam pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi hambatan mahasiswa PGSD Penjas Kampus Wates Kelas C Tahun Angkatan 2014 dalam pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) meliputi: (1) Siswa, mahasiswa PLT seringkali kesulitan menghadapi siswa yang kurang kooperatif; (2) Pengelolaan Kelas, mahasiswa PLT seringkali kesulitan dalam hal mengkondisikan siswa dalam beberapa kelompok; (3) Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa PLT harus menyesuaikan RPP dengan RPP versi sekolah; (4) Alat Pelajaran, kelengkapan dan tata kelola alat pelajaran masih menjadi masalah yang perlu diperhatikan; (5) Materi, siswa akan memperhatikan jika materi yang disampaikan mahasiswa PLT sesuai dengan keinginan siswa; dan (6) Metode Mengajar, masih terdapat siswa yang tidak aktif dan harus menunggu dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan, praktik lapangan terbimbing
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:32
Last Modified: 30 Jan 2019 16:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57252

Actions (login required)

View Item View Item