Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Cirebon

Gunawan, Gunawan (2018) Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Cirebon. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gunawan-15703251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) manajemen pengembangan kompetensi guru, dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengarahan, pengendalian dan evaluasi, serta (2) faktor pendukung dan penghambat pengembangan kompetensi guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (studi kasus) dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan Uji Credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pengembangan kompetensi guru dilakukan dengan melalui beberapa kegiatan, yaitu: (1) perencanaan pengembangan kompetensi guru: a) Pembentukan tim pengembangan, b) menganalisis kebutuhan guru, c) persiapan pelaksanaan, d) Persiapan materi, e) Penentuan waktu pelaksanaan, f) mempersiapkan narasumber, g) persiapan administrasi, h) mengirim surat izin kegiatan ke balai pengawasan dan pelayanan pendidikan (2) Pengorganisasian pengembangan kompetensi guru yang dilakukan kepala sekolah dengan memberikan perintah kepada masing-masing tim agar dapat bekerjasama dalam rangka menyukseskan kegiatan pengembangan kompetensi guru (3) pelaksanaan pengembangan kompetensi guru yang dilakukan adalah dalam bentuk kegiatan In House Training (IHT), Pelatihan-pelatihan, dan MGMP (musyawarah guru mata pelajaran) Kota Cirebon. (4) pengawasan dan evaluasi pengembangan kompetensi guru yang telah dilakukan adalah dalam bentuk kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk langsung oleh kepala sekolah untuk melakukan supervisi. (5) faktor pendukung pengembangan kompetensi guru terletak pada sumber daya manusia gurunya sendiri, pengetahuan yang cukup karena sering melakukan pelatihan, dan keberadaan guru yang menjadi instruktur nasional kurikulum 2013. Sedangkan untuk faktor penghambatnya sendiri adalah dari pihak internalnya sendiri yaitu keluarga.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kompetensi Guru, Implementasai Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Manajemen
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Jun 2018 03:52
Last Modified: 09 Dec 2022 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57247

Actions (login required)

View Item View Item