UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG MATAHARI SEBAGAI PUSAT TATA SURYA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 SOKANEGARA PURBALINGGA

Assidiq, Izzat Fauzan (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG MATAHARI SEBAGAI PUSAT TATA SURYA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 SOKANEGARA PURBALINGGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Izzat Fauzan Assidiq.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) agar siswa: memahami konsep-konsep IPA dan mampu menggunakan serta memanfaatkan alat-alat peraga tata surya dalam pembelajaran. Alat peraga merupakan media pembelajaran yang mempunyai ciri-ciri dari konsep yang dipelajari. Fungsi utama dari alat peraga adalah untuk menurunkan keabstrakan dari konsep, agar siswa mampu menangkap arti sebenarnya konsep tersebut. Dengan melihat, meraba, dan memanipulasi obyek/alat peraga maka siswa mempunyai pengalaman-pengalaman dalam kehidupan sehari-hari tentang arti dari suatu konsep Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah penggunaan alat peraga tata surya untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas VI SDN 2 Sokanegara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diambil melalui instrumen tes. Instrumen tes berupa penilaian keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan alat peraga. Hasil penelitian menunjukkan implikasi positif penggunaan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata sebelum siklus I dan siklus II adalah : 63, sedangkan tingkat ketuntasan siswa kelas VI pada siklus I, belum mencapai ketuntasan, pada siklus II sudah mencapai ketuntasan dengan tingkat ketuntasan mencapai 90%. Adapun perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa, yaitu siswa semakin aktif dan antusias dalam belajar menggunakan alat peraga tanpa ada tekanan dan lebih termotivasi untuk melakukan pengamatan tidak ditemukan lagi siswa yang bermalas-malasan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: peningkatan, alat peraga tata surya, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Depositing User: admin PGSD fip
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 17 Sep 2012 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5723

Actions (login required)

View Item View Item