Perbandingan Penggunaan Media Chemondro dan Konferensi Video pada Pembelajaran Hibrid Hidrokarbon

Fitriyana, Nur (2018) Perbandingan Penggunaan Media Chemondro dan Konferensi Video pada Pembelajaran Hibrid Hidrokarbon. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-fitriyana-16728251032.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk:(1)membedakanefikasi diri, pengaturan diri, dan prestasi belajar kognitif; (2) membedakan efikasi diri; (3) membandingkan profil efikasi diri; (4) membedakan pengaturan diri; (5) membandingkan profil pengaturan diri; dan (6) membedakan prestasi belajarkognitifpeserta didik pada pembelajaran hibrid termediasi konferensi video dan gamechemondro(E),dengan pembelajaran hibrid termediasi konferensi video (P-1), dan pembelajaran menggunakan gamechemondro(P-2)pada materi hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain posttest only.Sejumlah143 peserta didik kelas XI (usia rata-rata 16 tahun) dari dua SMA negeri di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia ditentukan sebagai sampel penelitian inidengan teknikcluster random sampling yang dilakukan secara dua tahap. Tahap pertama untuk menentukan sekolah dan tahap kedua untuk menentukan kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sampel yang terpilih diklasifikasikan menjadi tiga kelas berdasarkan media yang digunakan dalam pembelajaran. Data efikasi diri dan pengaturan diri dikumpulkanmelalui angket sedangkan data prestasi belajar kognitif dikumpulkan melalui tes hidrokarbon. Instrumen penelitian yang terdiri atas angket efikasi diri dan pengaturan diri serta tes hidrokarbon dikembangkan sendiri. Hasil analisis instrumen menunjukkan bahwa angket efikasi diri dan pengaturan diri memiliki kategori reliabilitasdapat diterima, sedangkan instrumen tes hidrokarbon memiliki kategori reliabilitas sangat baik. Teknik MANOVA digunakan untuk menganalisis perbedaan efikasi diri, pengaturan diri, dan prestasi belajar kognitif peserta didik. Profil efikasi dan pengaturan diri dianalisissecara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan dari efikasi diri, pengaturan diri, dan prestasi belajarkognitif;(2) terdapat perbedaan signifikan dari efikasi diri; (3) profil efikasi diri pada kelas E lebih baik dibandingkan dua kelas lainnya; (4) terdapat perbedaan signifikan daripengaturan diri;(5) profil pengaturan diri pada kelas P-2 lebih baik dibandingkan dua kelas lainnya; (6)tidak terdapat perbedaan signifikan dari prestasi belajarkognitifpeserta didik pada ketiga kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran hibrid, konferensi video, chemondro, efikasi diri, pengaturan diri, prestasi belajarkognitifpeserta didik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Jun 2018 02:02
Last Modified: 09 May 2019 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57221

Actions (login required)

View Item View Item