Pengaruh Latihan Shadow Menggunakan Lampu Reaksi, Shadow Dengan Arahan Pelatih Terhadap Kelincahan Gerakan Kaki Ditinjau Dari Kekuatan Otot Tungkai Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis

Pratama, Abang Putra (2018) Pengaruh Latihan Shadow Menggunakan Lampu Reaksi, Shadow Dengan Arahan Pelatih Terhadap Kelincahan Gerakan Kaki Ditinjau Dari Kekuatan Otot Tungkai Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abang-putra-pratama-15711251100.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan shadow menggunakan lampu reaksi, shadow dengan arahan pelatih terhadap kelincahan gerakan kaki ditinjau dari kekuatan otot tungkai peserta ekstrakurikuler bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian sebanyak 37 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 1 Bantul dan SMP Negeri 2 Banguntapan. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan tes leg dynamometer untuk kekuatan otot tungkai dan tes rangkaian olah kaki selama 30 detik untuk pretest dan post test. Analisis data menggunakan (ANOVA) pada taraf siqnifikansi α = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1). Latihan shadow menggunakan lampu reaksi lebih baik dengan selisih sebesar 2,6 dibandingkan dengan latihan shadow dengan arahan pelatih dengan selisih sebesar 1,5. Hal ini berarti ada perbedaan pengaruh latihan shadow menggunakan lampu reaksi dan shadow dengan arahan pelatih terhadap kelincahan gerakan kaki siswa ekstrakurikuler bulutangkis. Nilai signifikansi p sebesar 0,040 < 0,05, berarti Ho ditolak. (2). Hasil analisis menunjukkan siswa yang memiliki kekuatan otot tungkai rendah lebih baik dengan selisih sebesar 2,4 dibandingkan dengan siswa yang memiliki kekuatan otot tungkai tinggi dengan selisih sebesar 1,7. Hal ini berarti tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan kelincahan gerakan kaki siswa yang mempunyai kekuatan otot tungkai tinggi dan rendah pada siswa ekstrakurikuler bulutangkis. Nilai signifikansi p sebesar 0,661 > 0,05, berarti Ho diterima. (3). Berdasarkan hal ini berarti hipotesis yang menyatakan tidak ada interaksi yang signifikan antara latihan shadow (menggunakan lampu reaksi dan dengan arahan pelatih) dan kekuatan otot tungkai (tinggi dan rendah) tehadap kelincahan gerakan kaki siswa ekstrakurikuler bulutangkis, diterima dengan nilai signifikansi p sebesar 0,467 > 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: shadow menggunakan lampu reaksi, shadow dengan arahan pelatih, kelincahan, kekuatan otot tungkai
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Jun 2018 01:51
Last Modified: 10 Jan 2022 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57220

Actions (login required)

View Item View Item