Balqis, Radha Amalia (2018) ANALISIS KESINAMBUNGAN KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH PADA BUKU TEKS/PELAJARAN KURIKULUM 2013 DI JENJANG SD, SMP, DAN SMA DI KOTA MAGELANG. S1 thesis, UNY.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
8. Halaman Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: konsep-konsep esensial dan non-esensial yang terdapat di dalam materi Sistem Peredaran Darah dalam buku teks pelajaran IPA/Biologi berdasarkan Kurikulum 2013 yang banyak digunakan pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA; pendalaman, perluasan, dan penambahan konsep pada materi sistem peredaran darah dalam buku pelajaran IPA/Biologi yang banyak digunakan pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA berdasarkan Kurikulum 2013; dan kesinambungan konsep materi Sistem Peredaran Darah dalam buku pelajaran IPA/Biologi pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA berdasarkan Kurikulum 2013 yang banyak digunakan di Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif berupa analisis isi (content analysis). Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Juli 2017 dengan mengambil lokasi di Kota Magelang. Pemilihan Buku menggunakan teknik purposive sampling dengan syarat buku ditulis berdasarkan Kurikulum 2013 dan memuat materi Sistem Peredaran Darah pada manusia pada setiap jenjang pendidikan. Konsep materi Sistem Peredaran Darah pada manusia dianalisis oleh tiga panelis dan derajat kecocokan antara panelis tersebut telah diuji dengan menggunakan Uji Kanonik. Data dianalisis secara deskriptif. Kesinambungan konsep dapat dilihat melalui penambahan, perluasan, pengurangan, dan hilangnya konsep pada materi sistem peredaran darah pada manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep materi Sistem Peredaran Darah pada manusia mencakup konsep esensial dan konsep non-esensial. Konsep Sistem Peredaran Darah pada manusia dalam buku pelajaran pada setiap jenjang dinyatakan sebagian tidak berkesinambungan dengan persentase 63,23%. Buku pelajaran pada setiap jenjang mengalami perluasan, pendalaman, pengurangan, dan terdapat konsep yang hilang. Ketidaksinambungan sebagian konsep disebabkan banyaknya penambahan konsep baru yang terdapat di jenjang SMA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Teks, Kesinambungan Konsep, Kurikulum 2013, Sistem Peredaran Darah pada Manusia |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 02:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |