Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Tradisi Jemparingan Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Grafik dan Vektor

Raras, Merdu (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Tradisi Jemparingan Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Grafik dan Vektor. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-merdu-raras-15726251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis tradisi jemparingan dengan berbantuan android yang layak untuk pembelajaran, (2) mengetahui besar pengaruh penerapan perangkat pembelajaran berbasis tradisi Jemparingan berbantuan android dalam meningkatkan kemampuan representasi grafik, dan (3) mengetahui besar pengaruh penerapan perangkat pembelajaran berbasis tradisi Jemparingan berbantuan android dalam meningkatkan kemampuan representasi vektor. Penelitian dan pengembangan ini menerapkan model pengembangan 4 D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, media yang disajikan dalam android, soal representasi grafik dan vektor dalam bentuk pilihan ganda beralasan berkaitan dengan tradisi jemparingan. Uji kelayakan oleh dosen, guru dan teman sejawat dilakukan untuk memperoleh perangkat pembelajaran yang layak. Subjek uji coba tes adalah 246 siswa. Uji coba tes menghasilkan 20 soal representasi grafik yang valid dan reliabel dan 20 soal representasi vektor yang valid dan reliabel. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 12 siswa. Tujuan uji coba terbatas untuk mengetahui kelemahan produk. Uji coba lapangan dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol di SMA N 1 Bantul. Subjek penelitian pada kelas eksperimen (X MIPA 1) berjumlah 32 siswa, sedangkan pada kelas kontrol (X MIPA 3) berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan tes. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan perangkat maka dilakukan uji multivariat pada hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) seluruh perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori “Sangat Layak”, (2) penerapan peragkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan representasi grafik kelas eksperimen, dan (3) penerapan peragkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan represetasi vektor kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran Jemparingan, android, representasi grafik, representasi vektor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:09
Last Modified: 27 Nov 2023 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57187

Actions (login required)

View Item View Item