PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI METODE PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I PATALAN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012

Nurfiyanti, Isna (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI METODE PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I PATALAN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Isna Nurfiyanti.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode peta pikiran dalam meningkatkan prestasi belajar menggunakan materi tumbuhan hijau pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Patalan Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan alur putaran spiral Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan secara kolaborasi dengan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Patalan Bantul dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V berjumlah 18 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan 4 kali pertemuan. Validitas instrumen penelitian ini menggunakan validitas isi (content validity). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis kualitatif untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan metode peta pikiran dalam meningkatkan prestasi belajar IPA. Peningkatan prestasi belajar dianalisis dengan teknik Effect Size. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penerapan metode peta pikiran dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Patalan Bantul. Hal ini dilihat dari (1) penelitian tindakan berhasil mencapai indikator keberhasilan, (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11,55, dari post test siklus I sebesar 64,67 meningkat menjadi 76,22 pada post test siklus II, dan jumlah siswa yang mampu melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) mata pelajaran IPA meningkat 38,89% atau 7 siswa, dari 44,44% atau 8 siswa pada post test siklus I, meningkat menjadi 83,33% atau sebanyak 15 siswa pada post test pada siklus II, (3) pembelajaran IPA menggunakan metode peta pikiran memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Patalan. Hal ini ditunjukkan dengan harga Effect Size sebesar 0,86 yang termasuk dalam kategori efek besar (>0,8). Kata kunci: prestasi belajar IPA, metode peta pikiran, siswa kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5717

Actions (login required)

View Item View Item