PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MATERI SEJARAH MELALUI MEDIA GAMBAR ILUSTRASI BERCORAK KARTUN PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI MARGOAGUNG TAHUN AJARAN 2010/2011

Suwandi, Intan Kurniasari (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MATERI SEJARAH MELALUI MEDIA GAMBAR ILUSTRASI BERCORAK KARTUN PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI MARGOAGUNG TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Intan Kurniasari Suwandi.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan materi sejarah melalui penggunaan media gambar ilustrasi bercorak kartun pada siswa kelas V SD Negeri Margoagung, Seyegan, Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Margoagung yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi, tes tertulis, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk data tes dan deskriptif kualitatif untuk data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS dengan materi sejarah siswa kelas V SD Negeri Margoagung dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar ilustrasi bercorak kartun. Hal itu ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas dari pra-tindakan sebesar 66,18 (dengan 10 siswa dari 32 siswa tuntas belajar, yaitu mencapai KKM ≥ 70), kemudian setelah diberi tindakan melalui penggunaan media gambar ilustrasi bercorak kartun meningkat menjadi 74,38 (dengan 25 siswa tuntas) pada siklus I dan menjadi 77,50 (dengan 28 siswa tuntas) pada siklus II. Selain itu, indikator keberhasilan tindakan dapat dilihat dari rata-rata skor aktifitas siswa yang meningkat sebesar 0,36 dari siklus I hingga siklus II, yaitu dari 2,71 menjadi 3,07. Skor aktifitas siswa pada setiap siklus, baik pada ranah afektif (perhatian siswa, minat siswa, keikutsertaan siswa, kepuasan dalam menjawab dan menanggapi, dan tanggapan siswa terhadap nilai nilai positif) maupun psikomotorik (memperlihatkan kesiapan belajar, mendemonstrasikan atau menampilkan suatu gerakan, kemampuan penyusunan media, kecermatan pengamatan pesan, gerakan refleks yang timbul saat penggunaan media) juga mengalami peningkatan. Kata kunci: prestasi belajar, IPS, materi sejarah, media gambar ilustrasi bercorak kartun

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Umum
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5715

Actions (login required)

View Item View Item