KESESUAIAN METODE MENGAJAR ANTARA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR KUTOGIRI KABUPATEN KULON PROGO

Saputro, Tri Endro (2018) KESESUAIAN METODE MENGAJAR ANTARA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR KUTOGIRI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Tri Endro Saputro.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuian metode mengajar rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di SD Negeri Kutogiri apakah sesuai dengan praktik pembelajarannya atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri Kutogiri Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitiannya adalah guru PJOK. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data (wawancara, observasi, dan studi dokumen). Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu : data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran PJOK metode mengajar yang digunakan guru PJOK di SD Negeri Kutogiri kurang sesuai dengan metode mengajar pada RPP yang ada. Kemudian saat pembelajaran PJOK yang berlangsung di SD Negeri Kutogiri dengan kurikulum 2013 guru cenderung lebih dominan menuliskan banyak metode mengajar, namun realitanya metode mengajar yang dituliskan tidak muncul semua atau tidak digunakan seluruhnya saat proses pembelajaran. Penelitian ini menemukan bahwa untuk pelaksanaan pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Negeri Kutogiri yang dilakukan oleh guru PJOK kurang sesuai dengan RPP yang sudah dibuat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian, Metode Mengajar, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Jun 2018 06:21
Last Modified: 30 Jan 2019 16:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57140

Actions (login required)

View Item View Item